kuliah dan nyambi kerja di Amerika

Untuk bisa kuliah dan nyambi kerja secara legal di USA, yaa mahasiswa internasional juga kudu punya kartu SSN. Ya jadi ke sini dalam rangka buat kartu SSN 😁 Apa itu SSN? SSN itu Social Security number atau kartu jaminan sosial.


.
.
Bagi warga Amerika atau pun pendatang yang bekerja di Amerika, SSN ini adalah “nyawa” mereka. Tanpa ini segala sesuatu akan sulit dan terhambat. Ibarat mobil tanpa roda. Tidak bisa bergerak, kalaupun bisa jalannya pasti terseok-seok lalu mogok 😁
.
.
Bayangkan dengan system online yang ada, instansi mana pun yang mengecek nomor SS kita akan langsung tahu latar belakang kita, kerja di mana sebelumnya, track record selama hidup, dan tindakan kriminal apa saja yang pernah dilakukan.
.
.
Kartu SSN bermanfaat untuk mengatur pajak penghasilan, rencana pensiun, dll.
.
.
Oya kenapa harus kuliah nyambi bekerja? sebab ingin ningkatin kemampuan listening saya yang amat-amat parah 🤣🤣🤣
*ternyata alumni kursus instan TOEFL/IELTS 3-6 bulan tidak menjamin bakalan siap 100% mengikuti perkuliahan di kelas. *atau saya yang terlalu bodoh yaa 😑🙈wkwk
.
.
Seorang teman bercerita bahwa dulu juga pas dia ke USA, kemampuan listening dia sangat rendah. Dan ternyata dengan bekerja, skill itu bisa ningkat. Sebab tiap hari dia dengerin instruksi, dan berinteraksi. Di sini juga tentunya, kemampuan speaking akan ningkat.
.
.
Oiya bukan bermaksud nakal tidak mengikuti aturan pemberi beasiswa, tapi saya pikir, selagi bisa mengatur waktu dengan baik antara kuliah, kerja, dll, selama itu pula menurut saya fine2 saja. Lagipula kerjanya masih job on campus, dan cuma pas weekend selama 10 jam per minggu. Dan lagipula, niatnya emang buat belajar dan tambah networking.
.
.

Sedikit cerita juga, dulu, pas pertama kali dateng ke USA, Ya Allah mungkin cuma 30% yang saya pahami kalo diskusi di kelas. Keseringan celingak celinguk aja di kelas. 🤣🤣🤣 Otak harus bekerja dua kali: translate inggris-Indonesia, dan belum lagi pahami materi kuliahnya yang sekitar 80% adalah istilah/kosakata baru bagi saya, dalam bidang pendidikan 🙈 *ups parah banget. Mereka bicaranya kayak kumur2 🤣cepet kali, suka nyambung antara satu kata dengan kata yang lain, dan juga sering pake slank. tapi alhamdulillah… ke sini2 sudah agak mendingan, tapi saya akui belum semuanya saya pahami, cuma saya biasanya suka menyimpulkan per kalimat setiap orang ngomong. Syukurnya dosen2 kalo ngomong pada pelan semua (mereka mungkin paham kali yaa kalo ada mahasiswa internasional).
.
.

Juga saya akui interaksi di kelas sangat terbatas. Di rumah pun saya seringnya pake bahasa Indonesia. Olehnya itu, selagi berada di “land of opportunities”, kesempatan bekerja tak boleh disia-siakan. Sekali lagi, saya rasa sah2 saja bekerja selagi masih bagian job on campus. 10 jam per minggu dengan jadwal tiap sabtu dan minggu jam 9am sampai 2pm adalah waktu yang tepat untuk berinteraksi dengan foreigners. Anggap saja ini bagian dari belajar dan rekreasi.
Yeay, welcome to the real life, workplace🤗
ingat, Strenght + Timing + Opportunity = Success…
.
.
#CeritaMahasiswaEsDua
#MotivaStudent
#StudentsFiisabilillah

Mari berceloteh :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s