Hasil Seleksi PKM Untad 2013

HASIL SELEKSI PKM UNTAD

Ir. H. Burhanuddin Nasir, M.P., selaku Pembina PKM Universitas Tadulako (Foto: Pujiati Sari/MT)

1 proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Tadulako (Untad) dinyatakan lolos ke tahap Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke- 26. Hal itu sesuai surat keputusan yang dikeluarkan oleh DIKTI, Selasa (27/8). DIKTI menetapkan bahwa sebanyak 400 tim dari berbagai kampus se-Indonesia akan mempresentasikan karyanya di Universitas Mataram (UNRAM), NTB pada tanggal 9 s.d. 13 September 2013.

Adapun PKM yang lolos merupakan PKM jenis Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M). Dengan judul proposal yaitu “Pelatihan Pembuatan Atraktan Alami dari Tumbuhan Aromatika untuk Pengendalian Lalat Buah Bactrocera sp. pada Pertanaman Cabai di Kecamatan Sigi Biromaru”. Proposal tersebut diketuai oleh Humaira, mahasiswa fakultas pertanian.  Proposal yang dibimbing oleh Ir. Hj. Sri Anjar Lasmini, M.P., ini telah diberi dana hibah dari DIKTI sebesar Rp. 7,8 juta untuk melaksanakan programnya.

“Meskipun hanya 1 tim saja yang lolos ke tahap PIMNAS, tapi kami selaku Pembina PKM di Untad sudah cukup bangga karena Untad bisa berpartisipasi di ajang bergengsi ini,” Kata Ir. H. Burhanuddin Nasir, M.P., saat ditemui di kediamannya.

Selain kabar gembira tentang 1 tim yang lolos PIMNAS, dengan mengucapkan rasa syukur juga, tahun ini 1 PKM berjenis gagasan Tertulis (PKM-GT) asal Untad berhasil mendapatkan penghargaan dari DIKTI. Ini merupakan prestasi yang cukup membanggakan, mengingat bahwa proposal tersebut  merupakan satu-satunya proposal PKM-GT asal Untad yang diberi penghargaan di tahun 2013 ini. Penghargaan yang diberikan berupa dana insentif sebesar Rp.3juta. Penghargaan yang diberikan tersebut, diharapkan dari pihak DIKTI bahwa ke depannya PKM-GT tersebut dapat diperbaiki dan dikembangkan lebih lanjut.

Adapun judul gagasannya  yaitu “Terowongan Khatulistiwa sebagai Penghubung Wilayah Palu-Parigi di Sulawesi Tengah dalam Mendukung MP3EI menuju ASEAN Community 2015”. Gagasan tersebut dinahkodai oleh RAHMA B. SATANGKE, mahasiswa FKIP Pendidikan Fisika, atas bimbingan Dr. Unggul Wahyono, M.Si.  (Pnq)

Mari berceloteh :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s